-->

Pengertian Teknik Grilling dan Syarat-syaratnya


Jenis-jenis Teknik Grilling

1. Grilling
Grilling adalah teknik pengolahan bahan makanan yang dimasak dibakar dengan menggunakan panas radiasi secara langsung dari atas atau bawah bahan makanan. Ada kalanya pemanas yang digunakan berasal dari kedua sisi (atas dan bawah) sekaligus.

Bahan makanan yang akan dibakar ditusukan pada alat penusuk (skewer) yang kemudian diputar-putar  untuk mendapatkan tingkat kematangan dan warna yang merata. Bahan bakar digunakan berasal dari bara arang gas ataupun listrik.

2. Brolling
Brolling adalah teknik pengolahan dimana bahan makanan yang diolah dibakar dibawah peralatan yang disebut salamander.

3. Barbequing
Barbequing adalah teknik memasak dimana bahan makanan yang dimasak diletakkan di atas jeruji pembakar (baris) kemudian dibakar di atas bara arang.

4. Gratinating
Gratinating adalah proses pemberian warna coklat pada makanan yang sudah matang di bawah peralatan yang disebut salamander. Makanan yang akan dicoklatkan bagian atasnya dengan salamander, kemudian diatasnya harus diberi toppung (lapisan) beruapa tepung panir (breadcrums) / keju (cheese) dan lainnya karena panas yang dihasilkan salamander cukup tinggi, maka makanan yang akan di coklatkan bagian atasnya jangan diletakan terlalu dekat dengan pusat api agar tidak hangus.

Syarat-syarat Teknik Grilling :

  1.  Pilh bahan makanan dari jenis potongan yang kecil / tidak terlalu tebal.
  2. Pilih bahan makanan dari jenis yang berkualitas baik (empuk, bebas dari lemakyang tidak dikehendaki, bebas dari tulan dan urat yang tidak dikehendaki) untuk daging pilih dari bagian yang baik dan lunak, misal : fillet, sirloin, tenderloin.
  3. Lakukan proses marinade (terutama untuk daging dan ikan) sebelum proses pembakaran.
  4. Selama proses pembakaran, pengolesan bahan makanan dengan bumbu dan minyak halus sering dilakukan.
  5. Khusus untuk ikan dalam bentuk fillet, untuk menghindari perlengketan dengan peralatan pembakar (Griddle) sebaiknya ikan harus diberi lapisan tepung dan griddle harus diberi sedikit minyak. Untuk ikan dalam bentuk utuh, hilangkan sirip, insang dan isi perut.
  6. Griddle (plat/lempengan pembakar) dan bars (jeruji pembakar) harus di basahi terlebih dahulu dengan minyak untuk menghindari pelengketa bahan makanan dengan peralatan.
  7. Panas bara dan lempengan pembakar (Griddle) harus cukup kuat untuk mematangkan dan memberi warna coklat rata pada bahan makanan yang dibakar  dalam waktu yang cepat. Panas yang kurang kuat akan mengakibatkan lamanya proses pematangan sehingga hasil masakkan, terutama daging menjadi liat.
  8. Gunakan selalu penjepit makanan (tonges) untuk membolak-balik makanan yang dibakar.
  9. Jangan menggunakan garpu untuk membalik bahan makanan yang dibakar karena tusukan dari garpu akan mengakibatkan keluarnya cairan sari makanan (juice) dari dalam daging.
  10. Waktu pembakaran harus diperhatikan (tergangtung tingkat kematangan yang dikehendaki)
  11. Griddle dan bars harus benar-benar bersih agar kotoran yang tersisa tidak melengket pada hasil makanan.

2 Responses to "Pengertian Teknik Grilling dan Syarat-syaratnya"

  1. Ada referensinya gak untuk pendapat itu ? Kalau tidak saya izin mengutip untuk tugas saya

    ReplyDelete
  2. itu dari buku catatan saya gan, boleh ambil aja gk masalah, itu untuk berbagi juga.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel